Dirjen Gakkum KLHK Gelar Pelatihan Fotografi dan Videografi, Begini Tujuannya

    Dirjen Gakkum KLHK Gelar Pelatihan Fotografi dan Videografi, Begini Tujuannya

    Manado - Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK melalui Tim Media Sosial Sekretariat Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK menggelar pelatihan Fotografi dan Videografi, dilaksanakan selama 3 hari pada Selasa, 14 Desember 2021 sampai dengan Kamis, 16 Desember 2021 di Novotel Manado Golf & Convention Center, Jalan A.A. Maramis, Kayuwatu, Karigi II Mapanget, Manado Sulawesi Utara. 

    Pelatihan yang bertujuan untuk mengoptimalisasikan penggunaan media sosial sebagai saluran publikasi hasil pelaksanaan kegiatan Penegakan Hukum Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

    Dimana seluruh peserta yang hadir tersebut telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama maupun kedua, selain itu sebelum kegiatan berlangsung, seluruh peserta terlebih dahulu melakukan Test Rapid Antigen atau PCR/Swab test dan hasilnya non reaktif. 

    Damayanti Ratunanda, ST., M.Eng.Sc, Kepala Bagian Program dan Evaluasi Sekretariat Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK menekankan setelah pelatihan ini seluruh Balai serta Seksi Wilayah itu ada orang-orang yang mengabarkan citra baik Gakkum KLHK. 

    "Gakkum KLHK kerjanya banyak, jadi itu yang perlu dikabarkan, disampaikan melalui media yang menarik buat masyarakat tahu, itu belajar tiga hari ini, " tegas Damayanti Ratunanda, Kepala Bagian Program dan Evaluasi Sekretariat Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK KLHK. Rabu, 15 Desember 2021. 

    Ketika disinggung terkait foto media sosial Gakkum, ia menjelaskan selama ini mendapat kiriman foto di redaksi kantor pusat, banyak yang nggak bunyi fotonya. 

    "Fotonya tidak bisa berbicara, banyak orang-orang berjajar, nah bagaimana caranya teman-teman di daerah, di Balai dan Seksi Wilayah mengambil fotonya itu berbicara, bahwa melalui foto itu Gakkum KLHK lagi mengerjakan penegakan hukum kejahatan LHK, " ucap Damayanti Ratunanda. 

    Menurutnya, setelah pelatihan ini ada tim khusus untuk media. 

    "Jadi bukan hanya kerja Gakkumnya yang diseriusi tapi juga medianya diseriusi, sehingga yang kita kerjakan itu semuanya tergambar dan tersampaika ke masyarakat, " pesan Damayanti Ratunanda lanjut. 

    "Inti dari pelatihan ini foto-foto yang publish di medsos harus memperlihatkan kerja Gakkum ke publik, " singkatnya pungkas. 

    Pemateri disampaikan oleh narasumber, yakni Peter Rahadi, Glen Kainama dan Yasser Fikri mengulas trik fotografi, konten media sosial serta videografi. 

    Selain dari Setidjen KLHK hadir peserta dari Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatera Seksi I, II dan III. 

    Selanjutnya perwakilan Balai Gakkum LHK Wilayah Jabalnusra Seksi I, III, III. 

    Kemudian, Balai Gakkum LHK Wilayah Kalimantan Seksi I, II, III.  Perwakilan Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi Seksi I, II, III. 

    Balai Gakkum LHK Wilayah Maluku Papua, Seksi I, II, III. Balai KSDA Sulawesi Utara. 

    Usai materi, keesokan harinya dilanjutkan praktek ke lapangan pengambilan foto dan membuat video di Taman Wisata Alam Batuputih Bitung Sulawesi Utara.

    Subhan Riyadi

    Subhan Riyadi

    Artikel Sebelumnya

    Respon Surat Edaran Bupati, Dinkes Bantaeng...

    Artikel Berikutnya

    Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji Hadiri...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polres Maros Catat 25 Kasus Laka Lantas Selama Operasi Ketupat 2024
    Gandeng Forum RT, Langkah Inspiratif Perumda Batiwakkal Layani Masyarakat
    Gold: A Journey With Idris Elba
    Empire of Shadows: True Story of the Richest Family in History
    Nyaman Buat Berlibur di Tempat Wiasta Tuju Warna, Kepala Desa Tabo-Tabo  Khaeril Anwar  Manfaatkan Potensi Alam Jadi  Destinasi Wisata di Kaki  Gunung

    Ikuti Kami